Kulit merupakan bagian tubuh terluar dari seorang manusia. Mempunyai kondisi kulit yang sehat, indah dan mulus merupakan dambaan bagi setiap orang baik itu wanita maupun laki-laki. Misalnya kulit wajah, kulit wajah merupakan bagian kulit yang paling sering terlihat dan terpapar oleh sinar matahari dan polutan sehingga kulit wajah memerlukan perhatian utama dalam hal pemenuhan kebutuhan nutrisi kulit. Selain faktor sinar matahari dan polutan banyak hal lain yang juga menjadi faktor pemicu kerusakan kulit kita misalnya terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, naik turunnya hormon, dan penyakit kulit serius lainnya yang berdampak pada kulit wajah. Bagi Anda yang ingin kulit sehat, indah dan mulus jangan tergesa-gesa memilih produk kimia yang akan memberikan efek candu bagi pemakainya. Bukan hanya karena produknya yang menguras kantong, namun Anda juga perlu berpikir lebih jernih. Kenapa? Karena kulit dikatakan sehat alami apabila tidak bergantung pada produk kimia tertentu. Dan Anda bisa memperolehnya dengan harga murah tanpa menguras kantong. Caranya adalah dengan memperbaiki asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh seperti memperbanyak serat melalui buah dan sayur, lalu mengurangi segala jenis produk tepung dan pengawet. Selain itu ada banyak cara perawatan alami dan tidak berefek samping yang membuat candu yang bisa Anda tempuh. Berikut 7 cara Cantik Alami Dengan Masker Alami, dari Ekstrak Teripang Emas Hingga Kayu Manis:

1. Masker ekstrak teripang emas, jeruk nipis dan zaitun

Teripang emas atau yang dikenal dengan Golden Sea Cucumber mengandung Gamapeptide yang mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah rusak, membuat kulit tampak lebih bercahaya dan kenyal, meningkatkan kesehatan kulit, dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Mengkombinasikannya dengan jeruk nipis dan zaitun merupakan konsep racikan yang patut Anda coba. Karena jeruk nipis dan zaitun akan bersama ekstrak teripang emas menjalankan fungsinya yang dapat mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat dan fungsi-fungsi lainnya guna menyehatkan kulit wajah.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur ekstrak teripang emas dengan jeruk nipis dan zaitun dengan takaran yang sama. Kemudian aduklah hingga menjadi adonan pasta. Sebelum mengaplikasikannya ke wajah, bersihkanlah wajah Anda terlebih dahulu dengan sabun. Aplikasikanlah masker tersebut pada wajah bisa menggunakan kuas atau tangan, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaslah wajah Anda dan bersihkan dengan menggunakan sabun.

Baca juga : Cantik Alami Dengan Zaitun

2. Masker spirulina dan zaitun

Spirulina atau yang dikenal dengan sebutan ganggang biru hijau merupakan tanaman yang masuk ke dalam kelompok rumput laut yang habitatnya sering kita jumpai di air laut maupun air tawar. Spirulina mengandung klorofil yang tinggi sehingga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mendetoksifikasi wajah. Kemudian mengandung antioksidan dan vitamin E yang mampu mencerahkan kulit, menangkal paparan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu masker spirulina dapat juga digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat Anda dan mengencangkan kulit. Mengkombinasikannya dengan zaitun akan menciptakan kelembapan kulit yang alami dan sehat.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur spirulina dan zaitun. Setelah menjadi pasta aplikasikanlah pada wajah yang telah dibersihkan. Tunggulah selama 30 menit kandungan partikel-partikel dapat terserap oleh wajah dan memberikan efek yang diinginkan. Setelah itu bilas wajah dengan air dan bersihkanlah dengan sabun cuci muka.

3. Masker susu kambing, garam himalaya dan jeruk nipis

Pada kondisi cuaca yang terik dan panas kita seringkali mudah dalam memproduksi keringat. Selain keringat pada wajah kita juga menemukan kondisi wajah yang produksi minyaknya berlebihan disertai wajah kusam, tidak segar, kotor akibat debu yang mengotori wajah. Hal-hal tersebut akan membuat hari-harimu buruk dan mengganggu aktivitas kita yang padat. Maka kita perlu mengembalikan kondisi prima wajah dan mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah dengan menggunakan masker alami yang racikannya berisi susu, garam himalaya dan perasan jeruk nipis.

Cara membuatnya adalah persiapkan bubuk susu kambing, tambahkan sedikit garam himalaya jangan garam hasil refinasi dan tambahkan jeruk nipis secukupnya. Aduklah komponen tersebut hingga menjadi pasta kemudian aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Tunggulah selama 30 menit untuk hasil yang lebih maksimal. Kemudian setelah selesai bilaslah wajah Anda dan bersihkanlah dengan menggunakan sabun cuci muka. Anda akan mendapatkan kulit yang kembali sehat dan segar serta terbebas dari polutan.

Baca juga : Bagaimana Wanita bisa Cantik dengan Mengkonsumsi Jeruk Lemon

4. Masker dengan menggunakan kayu manis bubuk

Ternyata kayu manis dapat digunakan untuk merawat kecantikan selain dapat digunakan sebagai bahan masakan dan untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat pada kayu manis dapat menghilangkan noda bekas jerawat, memberikan kecerahan pada kulit, meremajakan kulit, mengencangkan kulit dan berbagai manfaat lainnya.

Cara membuat masker kayu manis Anda dapat mengkombinasikannya dengan zaitun atau kunyit. Jika Anda ingin mengkombinasikannya dengan kunyit Anda dapat mencampurkan 1 sendok bubuk kayu manis dengan ┬Ż sendok kunyit bubuk atau halus dan tambahkan air secukupnya. Setelah diaplikasikan tunggulah selama 15 menit, lalu bilaslah masker tersebut dengan air dan bersihkan dengan sabun cuci muka.

Baca juga :Masker Kayu Manis hilangkan jerawat dalam 7 hari

5. Masker lidah buaya atau aloe vera

Aloe vera atau yang kita kenal dengan lidah buaya merupakan tanaman yang mempunyai kandungan kelembaban yang tinggi dan bersifat cooling atau soothing gel pada kulit sehingga pada kondisi yang terik sangat cocok apabila sering-sering digunakan. Tumbuhan ini juga mampu mengurami tanda pigmentasi pada kulit.

Cara membuatnya adalah dengan mengambil daging lidah buaya kemudian dihancurkan hingga halus. Kemudian Anda dapat menambahkan olive oil atau zaitun ke lidah buaya tersebut. Setelah tercampur aplikasikan masker tersebut pada wajah yang telah dibersihkan selama 30 menit agar kandungannya meresap pada kulit. Kemudian bilaslah wajah Anda dan bersihkanlah dengan menggunakan sabun cuci muka.

6. Masker dengan tomat dan jeruk nipis atau lemon

Kandungan vitamin A daan vitamin C pada tomat bisa digunakan untuk membuat wajah Anda tampak bercahaya atau berkilau dan dapat pula mencerahkan wajah Anda. Dengan mengkombinasikannnya dengan jeruk nipis atau lemon akan memberikan efek pada wajah yaitu terkontrolnya produksi minyak pada wajah. Masker ini juga mampu memberikan efek pendinginan pada kulit sehingga kulit akan terasa segar dan berseri-seri.

Cara membuatnya mudah yaitu dengan mencampur kedua bahan tersebut. Setelah tercampur aplikasikanlah ke wajah Anda. Kemudian bilaslah dengan menggunakan sabun cuci muka setelah ditunggu selama 30 menit dan bilaslah dengan menggunakan sabun cuci muka.

7. Masker timun dan air mawar

Timun merupakan jenis tanaman yang mudah ditemui. Kandungan astringent pada timun diketahui mampu memberikan efek cooling pada wajah. Timun apabila dikombinasikan dengan menggunakan air mawar dan gliserin akan berfungsi sebagai pelembab.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan timun yang telah dihaluskan dengan gliserin dan air mawar. Setelah racikannya siap makan aplikasikanlah pada wajah yang telah dibersihkan. Tunggulah masker tersebut selama 15 menit agar kandungannya terserap dengan baik.

Itulah 7 cara Cantik Alami Dengan Masker Alami, dari Ekstrak Teripang Emas Hingga Kayu Manis. Mulailah mencoba racikan-racikan tersebut di rumah secara rutin. Agar efek yang diinginkan dapat terpenuhi yaitu kulit sehat, indah dan mulus. Serta Anda dapat menghemat pengeluaran dan mencegah kecanduan produk berbahan dasar kimia.