Bagi Anda yang sangat mencintai bunga kamboja atau yang dapat dikenal dengan sebutan plumeria atau frangipani karena kecantikan bunga ini, perlu Anda ketahui jika bunga kamboja tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman hias. Melainkan bunga ini juga dapat Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan dan kesehatan Anda loh. Bunga kamboja memiliki banyak jenis yang bisa saja sering Anda temukan disekitar Anda, diantaranya ada bunga kamboja yang mempunyai jenis warna merah, putih, dan kuning. Bunga kamboja atau frangipani dapat tumbuh dan berkembang pada segala kondisi tanah dan cuaca mulai dari daerah bersuhu rendah hingga pada daerah yang bersuhu tinggi. Jika Anda menemukan bunga ini banyak disekitar Anda, maka berikut ini manfaat bunga kamboja untuk Cantik Alami dengan Ekstrak Bunga Kamboja:

1. Sebagai antioksidan alami

Ekstrak bunga kamboja dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan polusi yang dapat merusak kulit. Karena dalam ekstrak bunga kamboja mengandung vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan.

2. Mengandung emolien

Dalam ekstrak bunga kamboja terdapat senyawa yang dapat berperan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati kulit yang kering, kasar, bersisik, pecah-pecah, gatal, dan iritasi kulit yang ringan. Biasanya emolien digunakan untuk mengobati mereka yang mengidap penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis.

3. Meningkatkan Elastisitas pada kulit

Di dalam ekstrak kamboja yang mengandung glukosa, Emolien, dan vitamin E yang dapat melembabkan kulit dan memberikan ketenangan atau kerileksan pada kulit. Sehingga kulit menjadi elastis, kenyal dan kulit sel bisa regenerasi. Selain itu adanya kandungan tersebut juga dapat membantu memperbaiki kulit yang kering serta pecah-pecah.

4. Menaikkan kadar kolagen dalam kulit

Ekstrak bunga kamboja mempunyai kandungan atau kadar kolagen yang cukup tinggi sehingga akan membuat kulit Anda menjadi lebih kenyal, sel kulit menjadi terhidrasi dan dapat membantu menghambat penuaan dini atau yang dikenal dengan anti-aging. Selain itu kolagen dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cerah dan bersih.

5. Melindungi kulit dari bakteri dan mencegah iritasi pada kulit

Ekstrak bunga kamboja didalamnya terdapat kandungan anti-bakteri sehingga dapat melindungi kulit dari bakteri dan mencegah bakteri. Sehingga apabila kita menggunakan perawatan wajah atau kulit yang mengandung ekstrak bunga kamboja tidak heran dapat menghilangkan atau mencegah dari masalah kulit seperti jerawat yang membandel.

6. Mengatasi penyakit kulit yang menular

Anti-bakteri yang terdapat pada ekstrak bunga kamboja dapat juga digunakan untuk mengatasi penyakit kulit yang menular yang disebabkan oleh bakteri-bakteri. Anda bisa menggunakannya dengan cara merebus bunga kamboja hingga mendidih kemudian menggunakan air rebusan tersebut untuk mandi atau sekedar membilas penyakit kulit tersebut dengan air rebusan kamboja.

7. Bunga kamboja menyehatkan pencernaan

Mengkonsumsi bunga kamboja dapat menyehatkan pencernaan. Bunga kamboja dapat mengatasi masalah sembelit dan disentri. Masalah pencernaan apabila tidak diatasi akan mempengaruhi kondisi fisik kita termasuk wajah yang kusam dan berjerawat. Sehingga mengkonsumsi seduhan teh dari bunga kamboja secara rutin dapat membantu Anda mengatasi masalah pencernaan dan sekaligus mencerahkan dan menyegarkan kulit Anda. Caranya adalah Anda dapat mengeringkan bunga kamboja dibawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu bunga kamboja kering dapat dikonsumsi melalui proses penyeduhan. Selain masalah pencernaan teh dengan bunga kamboja dapat mencegah asam urat, rematik, memperlancar buang air kecil, dan bisa pula menjadi resep minuman bagi Anda yang ingin diet.

Demikian itulah ulasan yang harus Anda ketahui tentang cantik alami dengan ekstrak bunga kamboja. Sehingga tidak hanya sebagai bunga hias, bunga kamboja juga dapat Anda manfaatkan sebagai resep kesehatan dan kecantikan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar dan selamat mencoba.