7 cara budidaya ikan hias air laut merupakan peluang yang sangat besar membudidayakan ikan hias karena ikan hias masih mahal ketika kita membeli dipasaran, sehingga tidak heran jika banyak yang tertarik untuk budidaya ikan hias karena penghasilannya besardan menjanjikan.
Untuk itu ayo belajar bagaimana budidaya ikan hias , Kalian akan mengerti bagaimana proses pertumbuhan ikan hias air laut yang tentunya sangat berbeda dengan ikan yang tumbuh di air tawar.

1. Menyediakan tempat berupa Akuarium

Yang perlu diperhatikan pertama kalinya saat budidaya ikan hias yang hidup di air asin adalah kita harus menyiapkan tempat yakni akuarium. For your information, ikan hias yang hidup di air asin memerlukan akuarium untuk tempat hidup yang tentunya volume air harus banyak untuk kelangsungan hidup ikan hias tersebut.
Yaitu perkiraan 1 ton banyaknya air, oleh karena itu kita membutuhkan tempat akuarium yang sangat besar.

2. Membuat kehidupan pada Akuarium

Untuk yang kedua saat memelihara ikan hias yang hidup di air asin yakni membuat kehidupan pada akuarium. Ikan hias air laut tak bisa hidup di kondisi air atau tempat yang tidak sesuai dengan habitatnya saat di laut.
Karenanya, kita perlu membuat kehidupan di akuarium dengan beberapa cara . dimana air laut yang asin sebagaimana kehiidupan sebelumnya , membuatkan tempat se akan akan di dalam laut, semisal ada terumbu karang, rumput laut dn sebagainya . Tidak perlu ragu atau bingung mencari apa yang kita butuhkan banyak kita jumpai di toko ikan hias.

Apabila air dalam akuarium sudah terisi usahakan diamkan selama beberapa minggu tentu dengan maksud agar keadaan air menyerupai air laut . agar ikan hias nanti terkesan berada di laut dan merasa nyaman berada di dalam akuarium yang sudah kita siapkan.
Untuk berikutnya siapkan langkah diantaranya pentingnya batu batu kecil di dalam akuarium untuk menampung kotoran ikan, dan siapkan lampu untuk menjaga suhu air pada akuarium , dan pentingnya karang dalam akuarium agar suhunya juga dingin.

3. Pentingnya memperhatikan kondisi air

Berikutnya pastikan kondisi air baik dalam memelihara ikan hias air asin. Mengisi akuarium dengan air asin  yang bisa kita dapatkan di toko dengan jumlah yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan ikan yang kita pelihara.
Akuarium tempat ikan hidup harus kita perhatikan suhunya setidaknya sekitar 25 hingga 29 derajat Celsius. Dan pentingnya memanfaatkan refraktometer untuk mmengukur kadar air asin tidaknya .
Perkiraan derajat air asinnya mulai 35 hingga 36 bagian per 1000 volume air. Setelah itu hitung pH air menggunakan strip berwarna yang bisa kita dapatkan di toko ikan hias.

4. Pentinya Membeli Bibit Ikan Hias

Bibit ikan hias air asin, Kita bisa membelinya dengan harga relatif .Membeli bibit ikan hias mungkin mudah dilakukan bagi para pemelihara yang masih awal di usaha budidaya ternak ikan hias air asin. Karena, pemijahan ikan hias lumayan sulit.
Awalnya , kita menaruh dua ikan dalam satu wadah dengan maksud dijodohkan. Pada saat ini harus di amati sebab semua itu tak harus cocok sehingga sel telur bisa dibuahi.
Bisa jadi ikan berkelahi karena merasa tidak cocok dan menjadikan ikan lain sebagai musuhnya. Kemudian merasa pas dan cocok ikan akan bersiap memberikan telurnya melalui proses pembuahan. Dan akhirnya telur bisa berkembang dalam waktu beberapa hari kemudian menetas menjadi ikan kecil-kecil yang disebut sebagai bibit ikan.
Yang perlu diperhatikan adalah bibit induk yang baik, dan bibit ikan aktif, tidak punya penyakit . Sementara bibit yang dijual di luar .biasanya sudah berumur 2 sampai 3 minggu.

5. Memindahkan bibit ikan hias

Apabila bibit sudah disiapkan beserta tempatnya , yang perlu kita lakukan adalah memindahkan ikan hias ke dalam akuarium. Saat memindahkanpun harus pelan-pelan dengan menyertakan wadahnya ke dalam akuarium agar ikan tidak takut dan stres hingga mengakibatkan kematian.

6. Budidaya Ikan

Ikan hias diberi makan sebanyak tiga kali dalam sehari bisa berupa pakan cacing sutra , jentik nyamuk, kutu air dan arthemia. Kondisi air dan akuarium juga harus diperhatikan untuk kelangsungan hidup ikan.
Apabila air sudah kotormaka perlunya mengganti air laut dengan yang baru .Jangka waktu mengganti air sekitar 3 sampai 4 minggu sekali. Harga air laut sekitar Rp 500,- per liter.
Memelihara ikan hias air laut membutuhkan waktu beberapa bulanHal ini disesuaikan dengan jenis ikan itu sendiri.Proses memberi makan ikan hias yang rutin dan juga rajin dalam menjaga kebersihan akuarium juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan ikan hias..

7. Memasarkan

Ikan hias jika dipasarkan harganya puluhan ribu hingga ratusan bahkan hingga jutaan rupiah. Kita bisa memasarkan ke distributor toko ikan hias atau yang sudah memiliki jaringan untuk memasarkan . Kita juga bisa menjual ikan hias secara online , untuk saat sekarang sangat mudah menawarkan sebuah produk atau hasil . Dengan 7 Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut Mulailah usaha, selamat mencoba semoga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan.